Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu PAFI ?

Teman - teman sekalian tahukah apa itu PAFI?

Mungkin diantara teman - teman sekalian belum begitu banyak mengetahui tentang PAFI ini. Namun ternyata setelah kita mengetahui PAFI ini terayata berat sekali tantangan yang dihadapi PAFI ini. 

Ok langsung saja teman - teman supaya kita mengetahui apa itu PAFI dan mengapa memiliki tantangan yang berat.

Sekilas Tentang PAFI

Ketika kita mencari informasi di media online terkait PAFI, tidak banyak informasi yang kita temukan, namun ketika kita mencoba mencari semakin dalam akan banyak ditemuan informasi terkait PAFI ini.

PAFI ini adalah singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Jadi ketika kita merujuk kepada dunia farmasi dan persatuan farmasi sudah sangat lama sekali ini ada PAFI ini ada bahkan dimulai saat awal - awal kemerdekaan, namun jarang sekali media yang ada saat ini meberitakan terkait PAFI ini. 

Nah kali ini coba saya bahas.

Ketika kita merujuk kepada propesi Farmasi, maka ahli - ahli farmasi di Indonesia sudah turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia  dan juga ikut serta dalam pembangunan Republik Indonesia sampai saat ini.

Dunia farmasi tidak bisa dilepaskan dari kemajuan pembangunan negeri ini. Selanjutnya pada tahun 1946 tepatnya pada 13 Febuary di Yogyakarta dibentuklah suatu Organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia “ sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi. Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ini selanjutnya disingkat “PAFI. dan kemudian untuk meningkatkan perannya diera digital ini PAFI membuat sebuah web yang sangat rapih dan terstrukture mulai dari pusat sampai tingkat daerah. Sebagai contoh webnya pusat ada tersendiri yaitu pafi.id kemudian pafi untuk daerah ada tersendiri sampai tingkat satuan aderah terkecil seperti kota atau kabupatan. Sebagai contoh Kota Ranai Kepualauan Riau webnya pafikotaranai.org dan masih banyak lagi setiap daerah kota kabupaten memiki webnya tersendiri.

Inilah bentuk keseriusan PAFI untuk ikut serta dalam pembangunan di negeri ini, dimana dengan semakin banyaknya layanan yang bisa diberikan akan semakin meningkatkan pelayanan farmasi di Indonesia. 

Tujuan PAFI

Katita kita menyimak web pafi diberbagai daerah tujuan PAFI sangtlah mulia yaitu sbegai berikut :

- Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

- Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

- Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

- Meningkatkan Kesejahteraan Anggota


Apa Saja Sih Peran PAFI Pada Era Digita Ini?

Mungkin mejadinpertanyaan bagi teman - teman semuanya secara teknis apa saja peran daro PAFI di era digital ini dalam menyokong pembangunan dan menuju indonesia emas saat ini. Nah berikut yng coba saya rangkumkan

1. Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis Keparmasian

Sa;ah satu peran yang saat ini dilakuakn adalah meningkatkan kompetensi tenaga teknis keparmasian melalui berbagai pelatiahn dan pendidikan. PAFI bisa menyelengarakan berbagai pelatihan seperti sistem informasi manajement apotek, penggunaan applikasi informasi stokobat dan lain - lain.

2. Standarisasi dan Regulasi

PAFI memberikan peran yang sangat penting terkait penerapan standarisasi keparmasian supaya betul betul bisa sesuai dengan regulasi yang ada dengan menerapkan proseure - prosedur standar yang sesuai dengan regulasi.

3. Mendorong Tumbuhnya Kejasama Dunia Farmasi 

PAFI berperan menjadi pasilitator dalam inovasi dunia farmasi antara regulasi, tenaga teknis farmasi, pengembang teknologi dan lain - lain melalui media - media yang ada dan tumbuh saat ini, salah satunya adalah dibuatnya web - web pafi diseluruh indonesia. Hal ini menjadi salah satu inovasi supaya tujuan utama PAFI tercapai. Sebagi contoh kerjasama dalam dunia teknologi adalalah webnya pafikotaranai.org.

Demikian yang bisa saya sampaikan terkait PAFI ( Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ) semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk "Apa Itu PAFI ?"